Mending Beli Apartemen dengan DP Besar atau DP Kecil Ya?

Mending Beli Apartemen dengan DP Besar atau DP Kecil Ya?

Kebutuhan akan hunian selalu bertambah seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk di Indonesia. Namun, harga properti yang terus melonjak juga menyebabkan sebagian masyarakat resah dan takut tidak bisa membeli hunian di masa depan, apalagi generasi milenial.

Salah satu hal yang menjadi momok bagi masyarakat adalah uang muka atau DP (down payment). Beberapa orang sudah memiliki niat untuk membeli rumah atau apartemen. Namun, karena dana yang dimiliki belum cukup untuk membayar DP, alhasil mereka menunda membeli hunian.

Apalagi jika hunian yang ingin dibeli adalah apartemen. Biasanya orang akan berasumsi bahwa membeli apartemen harus menyiapkan uang muka cukup besar.

Sebenarnya, membayar DP memiliki manfaat lho. Bukan hanya sebagai jaminan kalau Anda benar-benar ingin membeli apartemen. Tapi, membayar DP juga bertujuan agar cicilan bulanan menjadi lebih kecil.

Jenis pembayaran apartemen yang menjadi favorit masyarakat adalah Kredit Pemilikan Apartemen (KPA). Bank Indonesia (BI) membolehkan DP 15% untuk KPA dari sebelumnya 20% – 30%. Sebenarnya, baik membayar DP besar ataupun kecil, keduanya sama-sama memiliki konsekuensi. Seperti apakah? Berikut ulasannya.

Down Payment Kecil

Membayar DP dengan jumlah kecil tidak akan membuat Anda merasa berat di awal. Konsekuensinya adalah Anda harus membayar cicilan lebih besar. Selain itu, becar cicilan yang dibayarkan kemungkinan akan mengikuti suku bunga yang berlaku selama Anda membayar cicilan.

Down Payment Besar

Dengan membayar uang muka lebih besar dari ketetapan BI, ini akan membuat jumlah dana pinjaman jadi lebih kecil, sehingga cicilan per bulannya pun lebih ringan.

Apartemen Tanpa DP

Jika Anda bertemu dengan pengembang yang berani menawarkan apartemen tanpa DP, segera manfaatkan kesempatan tersebut. Tapi, Anda tetap harus memastikan berapa cicilan yang nantinya harus dikeluarkan beserta suku bunganya. Karena mungkin saja hal ini hanyalah bagian dari promosi developer untuk bisa mendapatkan pembeli.

Mencicil Ke Developer

Ada juga pengembang yang berani menawarkan fasilitas untuk mencicil DP langsung ke developer. Tapi biasanya jangka waktu yang diberikan lebih pendek dibanding jika Anda mengajukan KPA, misalkan hanya diberi waktu hingga beberapa bulan saja.

Nah, itulah sedikit penjelasan mengenai uang muka atau DP. Sebenarnya, baik DP besar atau DP kecil, keduanya memiliki keuntungan dan kelebihan.

Untuk memilih yang terbaik, sebaiknya sesuaikan dengan kondisi ekonomi Anda. Selain itu, Anda juga bisa mencari jalan keluar yang tepat bersama developer agar bisa segera memiliki apartemen idaman.

Tinggalkan komentar

Situs yang Dikembangkan dengan WordPress.com.

Atas ↑