Jangan Hiraukan! Periksa Rasio Lahan Parkir Sebelum Beli Apartemen

perhatikan-rasio-lahan-parkir

Bagi Anda yang sedang mencari apartemen sebagai tempat tinggal, penting bagi Anda untuk mencari tahu terlebih dahulu segala hal yang berkaitan dengan apartemen terkait sebelum membelinya. Lokasi, fasilitas dan sertifikat merupakan hal-hal yang harus Anda pertimbangkan sebelum membeli apartemen.

Namun, ada satu hal yang jarang dipertimbangkan oleh banyak orang, yaitu rasio lahan parkir.

Mengapa rasio lahan parkir harus dipertimbangkan? Tentu hal ini berkaitan dengan keselamatan kendaraan Anda. Bisakah Anda bayangkan jika kendaraan kesayangan Anda tidak mendapatkan tempat untuk parkir kemudian harus diletakkan di pinggir jalan? Tentu hal tersebut sangat berbahaya.

Nah, untuk mencegah terjadinya hal tersebut, di bawah ini terdapat sedikit informasi mengenai rasio lahan parkir yang benar untuk membantu Anda menemukan apartemen yang tepat.

Menurut aturan dari Dinas Penataan dan Pengawasan Bangunan, apartemen yang baik harus memiliki rasio parkir 1:1. Dengan kata lain, satu parkir mobil untuk satu unit apartemen tergantung luasannya.

Pemerintah juga menetapkan rasio parkir apartemen adalah 25 m2 untuk satu buah mobil. Satu mobil minimum lebarnya 2,25 m dan panjang 4,5 m pada posisi tegak lurus. Sedangkan untuk parkir sejajar, minimum lebar 2,25 m dan panjang 6 m.

Berikut adalah daftar spot parkir mobil menurut luas lantai bangunan:

  • Kurang dari 50 m2: 1 mobil/ 5 unit hunian
  • Luas 50-150 m2: 1 mobil/ 2 unit hunian
  • Lebih dari 150 m2: 1 mobil/ 1 unit hunian

Selain hal tersebut, Anda juga harus melihat jumlah pintu masuk yang disediakan. Semakin banyak jumlah pintu, maka akan semakin baik karena dapat mengurangi resiko terjadi kemacetan saat akan parkir. Posisi pintu juga harus diperhatikan, apakah akan memudahkan kendaraan untuk keluar-masuk bangunan atau tidak.

Hal terakhir yang harus diperhatikan adalah biaya. Beberapa apartemen memang membebaskan penghuninya dari biaya parkir. Namun, ada pula yang menetapkan biaya per bulan bagi para penghuninya. Hal ini tentu berkaitan dengan pengeluaran per bulan Anda.

Tinggalkan komentar

Situs yang Dikembangkan dengan WordPress.com.

Atas ↑